Ciri-Ciri Cacingan pada Anak yang Butuh Obat Cacing

Ciri-Ciri Cacingan pada Anak yang Butuh Obat Cacing

 Masa pertumbuhan anak-anak sangatlah penting untuk dijaga agar bisa menjadi anak yang cerdas. Pertumbuhan dan perkembangan harus dikontrol dengan baik jangan sampai terkena masalah cacingan. Anda harus segera memberikan obat cacing kepada anak-anak yang mengalami ciri-ciri berikut ini.

Nafsu Makan yang Menurun

 Ketika anak Anda nafsu makannya berkurang, maka segera lakukan pemeriksaan. Anak yang nafsu makannya menurun akan berisiko pada pertumbuhan dan perkembangannya. Anda perlu melakukan pemeriksaan ke dokter yang ahli karena bisa saja anak mengalami infeksi pencernaan akibat cacing.

Hubungannya cacing yang ada di dalam tubuh dengan nafsu makan anak adalah cacing akan menginfeksi dengan zat-zat yang bersifat inflamasi. Tubuh yang sudah terinfeksi zat ini akan mengalami masalah pada bagian pencernaannya.

Anak Mengalami Anemia

 Ketika anak Anda mengalami anemia maka perlu waspada dan melakukan pemeriksaan. Anemia merupakan salah satu ciri-ciri anak yang mengalami infeksi cacing yang ditandai dengan tubuh cepat lelah dan pergerakan cenderung pasif. Cacing yang ada di dalam tubuh anak akan menggerogoti zat besi yang ada.

Kondisi ini nantinya akan membuat anak terlihat pucat dan telapak tangan berwarna pucat pula. Seperti tidak ada aliran darah. Anda bisa mengetahui gejala anemia pada anak dengan melihat pergerakannya. Jika anak Anda mengalami ciri-ciri ini segera melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan obat cacing yang tepat.

Anak Mengalami Diare

Anak yang mengalami diare dalam jangka waktu panjang juga bisa menjadi ciri-ciri anak yang terkena infeksi cacing. Anda bisa segera melakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab dari diare. Jika benar karena mengalami cacingan di dalam tubuh, maka segeralah untuk memberikannya obat untuk mengatasi masalah cacingnya.

Kemerahan dan Gatal di Kelamin Anak Perempuan

Ciri-ciri terjadinya cacingan pada anak perempuan bisa dilihat dengan adanya tanda kemerahan dan gatal pada bagian kelamin anak. Anda bisa mengeceknya langsung karena ciri-ciri ini dapat dilihat dengan kasat mata. Jika sudah melihat adanya ciri-ciri yang mengarah ke sana, segera saja untuk melakukan pemeriksaan ke dokter yang ahli.

Mengalami Batuk Berkepanjangan

Ada banyak penyebab anak mengalami batuk. Hanya saja batuk yang berkepanjangan bisa merupakan salah satu ciri-ciri cacingan yang dialami oleh anak. Batuk yang dialami anak ini terjadi ketika anak termakan atau tertelan telur cacing yang ada pada makanan. Biasanya ini terjadi pada makanan yang tidak dicuci hingga bersih ketika pengolahannya.

Telur cacing yang masuk ke dalam tubuh anak akan menetas di bagian lambung dan terus berkembang biak. Akhirnya cacing akan hidup sebagai parasit di dalam tubuh. Anda harus segera memberikan obat untuk mengatasi masalah cacing pada anak. Tujuannya agar tidak mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Anda harus sigap untuk memberikan obat cacing kepada anak. Pemberian obat di waktu yang tepat akan mencegah cacing berkembang biak. Pertumbuhan dan perkembangan anak akan berjalan dengan baik jika tidak ada masalah cacingan di dalam tubuhnya.

shares